CARA MENGOBATI LUKA BAKAR KNALPOT

November 18, 2020 by No Comments

CARA MENGOBATI LUKA BAKAR KNALPOT

Luka bakar sering terjadi karena beberapa hal. Misalnya terkena cipratan minyak panas, terkena air panas ataupun terkena knalpot kendaraan yang masih panas. Luka bakar karena knalpot merupakan salah satu jenis luka bakar yang ringan. Luka bakar ini terjadi hanya menyebabkan kerusakan ringan pada kulit  bagian luar atau epidermis. Agar kondisi tidak semakin memburuk, anda harus mengatasi luka bakar tersebut sesegera mungkin. Penanganan medis memanglah sangat membantu. Namun dengan mengetahui penanganan pertama, akan mengurangi risiko luka yang tambah parah. 

Gejala umum dari luka bakar knalpot yaitu munculnya ruam kemerahan pada kulit. Ketika luka yang lebih parah biasanya kulit akan melepuh. Ketikan gejala tersebut sudah muncul, anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Berikan air mengalir

Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika muncul gejala luka bakar knalpot yaitu mengalirkan air pada area kulit yang luka. Biarkan air mengalir diatas luka selama 20 menit. Hal ini akan mengurangi efek rasa sakit yang muncul. Kemudian bersihkan area luka dengan menggunakan sabun atau antiseptik lalu bilas.

  • Kompres luka bakar

Selain dengan menggunakan air yang mengalir, anda juga bisa dengan mengompresnya dengan kain basah. Lakukan langkah ini selama 15 menit hingga rasa sakit mereda. Namun jangan memberi tekanan pada luka saat meletakkan kain pada permukaan kulit. Dengan cara ini akan mencegah terjadinya pembengkakan. 

  • Hindari luka bakar dari paparan sinar matahari

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu menghindarkan kulit dari paparan sinar matahari. Sebab luka tersebut jika terkena paparan sinar matahari, rasanya akan bertambah sakit. Hal ini karena kulit yang terdapat luka akan menjadi sensitif terhadap panas. Karena adanya peradangan yang sedang terjadi pada luka tersebut.

  • Hindari penggunaan es dan pasta gigi

Banyak orang yang menganggap es batu dapat membantu meredakan rasa sakit yang ada pada kulit terbakar. Namun malah sebaliknya, es batu justru akan menyebabkan iritasi. Penggunaan pasta gigi untuk pertolongan pertama pada luka bakar sangat tidak disarankan. Sebab tidak ada yang menjamin kebersihannya dan justru akan membuat bekas luka.

  • Gunakan Lidah buaya

Selain memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, lidah buaya juga bisa meredakan luka bakar. Lidah buaya mengandung anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada luka tersebut. Caranya hanya dengan oleskan gel dari lidah buaya tersebut ke area luka bakar. Penggunaan lidah buaya ini nantinya akan membantu menyamarkan bekas luka.

  • Mengatasi luka bakar knalpot dengan madu 

Madu memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif untuk menyembuhkan luka bakar knalpot. Selain bisa meredakan peradangan, kandungan dalam madu juga akan menghambat pertumbuhan bakteri. Ketika terjadi peradangan, bakteri sangat mudah berkembang, sehingga ketika pengobatan salah akan membuat luka semakin parah. 

  • Mengatasi luka bakar knalpot dengan salep

Selain menggunakan madu dan lidah buaya, anda juga bisa dengan menggunakan salep atau obat luar. Penggunaan obat ini akan menghambat pertumbuhan bakteri yang bisa memicu terjadinya infeksi pada luka. Selain itu juga dapat menghilangkan lepuhan pada kulit dan menutup kembali kulit yang mengelupas. 

Nah itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi luka bakar ringan, seperti terkena knalpot. Luka bakar ringan memang bisa ditangani di rumah dengan obat luka bakar alami. Namun jika luka bakar tak kunjung sembuh bahkan gejala yang muncul semakin parah. Seperti cairan yang keluar dari luka ataupun terjadi infeksi, sebaiknya langsung hubungi dokter. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *